Fakta Unik Seputar World Cup

30 Apr

Pernahkah terpikir oleh Anda ketika seorang wasit sepakbola lupa melihat arlojinya sehingga lupa dengan waktu pertandingan? Inilah sebagian fakta unik yang ditemukan dalam sejarah perhelatan pesta akbar sepakbola sejagat lima tahunan, yang lebih populer dengan sebutan World Cup. Selain itu, ada hal menarik apa lagi yang layak untuk disimak ?

Setelah mencoba browsing sana-sini, googling dan cari-cari referensi, terungkaplah beberapa fakta menarik yang layak disimak diantaranya sebagai berikut :

Spoiler for Fakta:
Quote:

Alf Ramsey – Manajer Inggris pada World Cup 1966. Berlari ke tengah lapangan setelah peluit akhir ditiup dan timnya mengalahkan Argentina di babak perempat final. Bukan untuk melakukan selebrasi, melainkan untuk mencegah pemainnya bertukar baju dengan tim lawan. Mr Ramsey berkata : “We don’t swap shirt with animals!” sungguh terlalu…
Spoiler for Fakta:
Quote:

Laszlo Kiss (Hongaria) adalah satu-satunya pemain pengganti yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Hongaria telah unggul 5-1 ketika Kiss mencetak gol pertama dari tiga golnya dalam pertandingan melawan El Salvador yang berakhir dengan kemenangan Hongaria 10-1. Pertandingan ini terjadi dalam Piala Dunia Spanyol tahun 1982!. Ini adalah kemenangan terbesar dalam sejarah perhelatan Piala Dunia.
Spoiler for Fakta:
Quote:

Jose Batista (Uruguay) diusir keluar lapangan hanya dalam waktu 56 detik setelah peluit kick off babak pertama Vs Skotlandia ditahun 1986. Ini adalah yang tercepat dalam sejarah event Piala Dunia. Pelanggaran kerasnya terhadap Gordon Strachan tidak memberikan pilihan lain bagi wasit asal Perancis Joel Quiniou untuk mengusirnya dari lapangan. Dalam pertandingan tersebut Uruguay mempertahankan skor 0-0 dan melaju ke babak berikutnya.
Spoiler for Fakta:
Quote:

Injury time biasanya ditambahkan oleh wasit hanya jika diperlukan. Tetapi wasit asal Perancis Michael Vautrot menambahkan additional time selama 8 menit pada babak pertama perpanjangan waktu partai semi-final antara Italia Vs Argentina di tahun 1990! Setelah pertandingan berakhir, wasit ini mengatakan bahwa dia lupa melihat jam/ arlojinya… ada-ada saja….
Spoiler for Fakta:
Quote:

Erik Nilsson (swedia) dan Alfred Bickel (Swiss) adalah dua pemain yang telah bertanding dalam Piala Dunia sebelum dan setelah Perang Dunia ke II. Mereka tampil dalam gelaran Piala Dunia tahun 1938 dan 1950 !
Spoiler for Fakta:
Quote:

Piala Dunia mencatat setidaknya ada 5 pemain yang telah tampil membela 2 negara yang berbeda dalam penyelenggaran Piala Dunia. Kelima Pemain ini adalah Jose Altafini (1958 membela Brazil, 1962 membela Italia), Luis Monti (1930 membela Argentina, 1934 membela Italia), Ferenc Puskas (1954 membela Hongaria, 1962 membela Spanyol), Jose Santamaria (1954 mebela Uruguay, 1962 membela Spanyol) serta Robert Prosinecki (1990 membela Yugoslavia, 1998 membela Kroasia). Sejarah ini tak akan mungkin lagi terulang karena sudah diberlakukannya peraturan FIFA yang melarang seorang pemain tampil membela lebih dari satu tim nasional.

Diluar fakta-fakta unik tersebut mungkin masih banyak lagi cerita menarik yang kurang populer karena belum terlalu banyak diekspos media. Apakah Anda mengetahui fakta-fakta unik lainnya ???

Tambahan informasi , aturan seorang pemain tdk boleh membela lebih dr 2 negara sebenarnya sdh ada sejak tahun 1970 atau 1980 an. Mengapa Robert Prosinecki bisa membela Yugoslavia (PD 1990) dan Kroasia (PD 1998)? Karena pada tahun 1990 Kroasia masih merupakan bagian dari Yugoslavia. Kroasia merdeka dari Yugoslavia th 1991 dan lolos pertama kali ke Piala Dunia 1998.

Tambahan info menarik (tolong dicantumin di page one):

Pencetak gol tercepat Piala Dunia: Hakan Sukur (Turki) yg mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 11 detik pada partai Turki-Korea Selatan (perebutan juara III Piala Dunia 2002).

Pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia: Ronaldo (Brasil), mencetak 15 gol dalam Piala Dunia 1998 (4 gol), 2002 (8 gol), dan 2006 (3 gol).

Pencetak gol terbanyak dalam 1 Piala Dunia: Just Fontaine (Prancis), mencetak 13 gol di Piala Dunia 1958.

Pencetak gol tertua Piala Dunia: Roger Milla (Kamerun). Mencetak gol di usia 42 tahun 39 hari saat Kamerun ditekuk Rusia 1-6. Di partai ini, Roger Milla sekaligus mencetak rekor pemain tertua yg pernah tampil di Piala Dunia.

Pencetak gol terbanyak dalam 1 pertandingan: Oleg Salenko (Rusia), mencetak 5 gol ketika Rusia membekuk Kamerun 6-1.

Negara Asia yg pertama kali tampil di Piala Dunia adalah Hindia Belanda di Piala Dunia 1938.

Korea Selatan adalah satu-satunya negara di luar Benua Eropa dan Amerika Latin yg pernah masuk ke semifinal Piala Dunia.

Brasil adalah satu-satunya negara yg tdk pernah absen dari perhelatan Piala Dunia sejak digelar pertama kali th 1930.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: