Maraknya Penyalahgunaan Facebook

7 Mei

Dari yang tua sampai yang muda bahkan anak kecil, sudah terbius oleh jejaring sosial satu ini, ” Facebook “. Apa sih yang membuat facebook ini menjadi ngetop? Mungkin jawaban tiap orang berbeda – beda.

Kelebihan Facebook

  1. Aplikasi – aplikasi yang bervariasi dari permainan sampai ke quiz.
  2. Adanya fungsi status yang memungkinkan orang laen mengerti status orang laen dan aktif untuk mengomentari. Ini menjadikan hubungan timbal balik antara user lain.
  3. Tampilannya yang sederhana membuatnya easy to use dan easy to entry. Mudah dalam penggunaan dan mudah untuk masuk ke web facebook.
  4. Bisa chat secara langsung.
  5. Fitur pencarian yang bagus, sehingga ada kejadian dimana seseorang bertemu teman lamanya.
  6. Dan masih banyak lagi.

Jenis – jenis Kejahatan di Facebook

Kemajuan teknologi selalu diiringi dukungan dari manusia. Tetapi bila kemajuan tersebut salah dimanfaatkan apa jadinya? Ada banyak kasus penyalahgunaan facebook yang sudah terjadi di dunia. Termasuk juga di tanah air kita ini.

1. Akun facebook palsu.
Membuat akun facebook merupakan perkara mudah. Dalam hitungan menit sebuah akun bisa tercipta. Biasanya orang – orang iseng ini membuat akun facebook para artis – artis yang tenar. Sehingga orang – orang pun tidak terasa bila sudah dibohongi. Laennya akun facebook dipalsukan untuk memfitnah orang laen. Ckckck…benar – benar sudah menyimpang. Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan !
2. Pembunuhan
Hah? Pembunuhan?? Bagaimana bisa orang membunuh lewat facebook? Ini benar – benar ada korbannya. Kita sebut saja namanya Bunga. Bunga berkenalan dengan pria bernama (sebut saja) Andi. Mereka berkenalan lewat facebook. Hari semakin berlalu, hubungan mereka semakin erat. Yang menjadikan Bunga suka pada Andi. Di lain waktu bunga mendapat kabar dari teman andi bahwa andi meninggal. Langsung saja bunga pergi ke kota tempat tinggal Andi. Namun ternyata dia ditipu. Andi masih hidup. Kemungkinan bunga dibodohi karena hendak diperkosa. Tetapi dia melawan. Dan akhirnya bunga pun tewas dibunuh.
3. Penculikan
Beberapa kasus penculikan yang sudah terjadi di tanah air ini kebanyakan targetnya adalah anak kecil sampai remaja. Ada seorang anak yang hilang dan orang tuanya melaporkan bahwa ada hubungannya dengan facebook. Ada juga remaja wanita yang hilang, menurut orang tuanya mencari kerja tetapi tidak kunjung pulang. Remaja tersebut mendapatkan informasi kerjanya dari Internet, dan diduga orang tuanya lewat facebook.
4. Dikeluarkan Dari Sekolah
Siswa SMAN 4 Tanjung Pinang dikeluarkan dari sekolahnya gara – gara dianggap menghina dan mengancam gurunya lewat facebook.

Saya memiliki saran untuk orangtua yang anaknya biasa ber-facebookan. Tolonglah selalu diawasi, buatlah kontrol yang kuat asal tidak membebani anak. Ajaklah untuk sharing masalah – masalahnya. Dengan begitu anak akan lebih dekat ke orang tua dan tindak kejahatan bisa dicegah. Sebaiknya hal ini dilakukan lebih dini oleh orangtua, karena remaja bisa berontak dalam pencarian sosialnya.


Wew…saya prihatin melihat jejaring sosial yang digemari ini menjadi ajang untuk membuat kejahatan. Ketika melihatnya di acara berita TV, saya sempat gak habis pikir saja. Ternyata yang namanya kemajuan teknologi memang harus diiringi tidak hanya dengan support tetapi juga harus dengan niat yang baik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: