Berbagai pengibaran bendera yang berkesan

10 Jun
Pengibaran bendera adalah suatu bentuk simbol yang mempunyai arti bahwa wilayah itu dikuasai oleh suatu kelompok atau negara yang memiliki bendera itu.

Dalam hal ini saya akan memberikan sebuah cerita atau lebih tepatnya lagi fakta yang diceritakan mengenai pengibaran bendera,yaitu:

1. Pengibaran bendera Amerika Serikat di Iwo Jima.
Pengibaran bendera Amerika Serikat di Iwo Jima dilakukan oleh enam orang tentara marinir yang terdiri dari lima orang tentara marinir dan satu orang petugas medis. Foto ini diambil oleh Joe Rosenthal. Pengibaran bendera ini dilakukan di puncak gunung Suribachi di Iwo Jima pada hari ke lima peperangan. Perang itupun belum selesai begitu saja karena masih banyak tentara Jepang yang rela mati untuk mempertahankan pulau Iwo Jima. Setelah foto itu diabadikan maka foto itu disebarkan ke Amerika Serikat. Respon masyarakat menjadi sangat baik. Banyak masyarakat yang menggalang dana perang setelah melihat foto itu. Pemerintah Amerika Serikat menjadi tertolong karena dana perang yang dikumpulkan dapat digunakan untuk keperluan biaya perang, yang pada waktu itu jumlah persediaan senjata mereka makin menipis.

2. Pengibaran Bendera Uni Soviet di Berlin
Pengibaran bendera Uni Soviet yang dilakukan oleh seorang tentara merah (sebutan untuk tentara Uni Soviet waktu itu) di atas Reichstag Building. Pengibaran bendera ini menandai secara simbolis menangnya tentara Uni Soviet dalam peperangan di Berlin dan perang dunia II. Pengibaran ini juga menandai secara simbolis kalahnya Jerman dalam perang dunia II.

3. Pengibaran bendera Amerika Serikat di bulan.
Foto yang dipotret pada tanggal 20 Juli 1969 ini memperlihatkan Neil Amstrong yang merupakan orang pertama yang mendarat di bulan dan sebuah bendera Amerika Serikat yang
sudah berkibar yang merupakan bendera pertama yang dikibarkan di bulan.
Banyak perdebatan yang menyangsikan keaslian foto ini. Ada yang berpendapat bahwa foto ini dibuat untuk mengalahkan Uni Soviet dalam perang dingin yang waktu itu sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Walaupun demikian foto itu tidak dapat diketahui keaslian atau kepalsuannya.

4. Pengibaran bendera Belanda di hotel Yamato Surabaya.
Pada tanggal 19 September 1945 pukul 06.00 teentara Belanda yang tergabung dalam tentara sekutu mengibarkan bendera Belanda di puncak hotel Yamato. Pengibaran bendera itu membuat rakyat Surabaya yang ada disekitar Hotel marah. Massa pun datang dari segala arah menuju hotel itu. Massa yang sebagian besar para pemuda itu datang dan memenuhi halaman hotel. Namun datanglah sebuah mobil yang membawa Residen Sudirman. Dia ditemani dengan dua orang masuk ke dalam hotel untuk membicarakan masalah pengibaran bendera Belanda itu.
Namun bukannya kebaikan yang diperoleh Residen Sudirman dan dua orang yang menemaninya itu diacungkan sebuah pistol dan membuat sebuah tembakan. Sementara Residen Sudirman dibawa keluar hotel oleh salah seorang yang menemaninya, para pemuda naik ke atas puncak hotel Yamato untuk menurunkan bendera Belanda dengan bendera Indonesia.
Namun saat diatas tidak ada yang memberikan bendera merah putih, tidak kehabisan akal maka bendera Belanda yang merah-putih-biru disobek bagian birunya, sehingga menjadi merah dan putih.

5. Pengibaran bendera merah putih pertama
Pengibaran bendera merah putih pertama kali yang dilakukan di jln Pegangsann Timur No.56 (rumah Bung Karno) pada tanggal 17 Agustus 1945. Pengibar bendera merah putih itu adalah Sudanco Singgih dan Ilyas Karim. Disana juga ada Presiden Soekarno dan wakil presiden Mohammad Hatta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: