Barcelona FC Vs Arsenal | 17 Februari 2011

16 Feb

Arsenal dan Barcelona kembali berjumpa di Liga Champions. Laga ini diprediksi bakal berjalan menarik karena komposisi pemain dan sejarah rivalitas kedua tim.

Dari catatan statistik, Barcelona lebih unggul dalam jumlah kemenangan tiap meladeni Arsenal. Musim lalu misalnya, di mana Barcelona bisa memaksakan hasil seri di Emirates Stadium, sebelum Lionel Messi menghajar Arsenal 4-1.

Di final Liga Champions 2006, Barcelona juga menang 2-1 meski sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Sol Campbell. Di fase grup musim 1999/00, Arsenal sempat menahan Barcelona 1-1 di Nou Camp sebelum takluk 4-2 di Wembley.

Dengan catatan semacam ini, tidak salah jika Barcelona lebih diunggulkan meraih hasil positif, atau setidaknya imbang di kandang Arsenal. Apalagi penampilan Barcelona cenderung stabil di kancah domestik dan Eropa., meski Arsenal juga demikian.

Untuk laga ini, Arsenal kehilangan sejumlah pemain pilarnya, seperti Abou Diaby, Łukasz Fabiański, Thomas Vermaelen dan Bacary Sagna yang mengalami cedera atau terkena skorsing.

Sementara Barcelona harus merelakan Carles Puyol dan Jeffren beristirahat karena bermasalah pada kakinya.

Prediksi Skuad:

Arsenal: Szczesny; Eboue, Djourou, Koscielny, Clichy; Song, Fabregas, Wilshere; Walcott, Van Persie, Arshavin

Barcelona: Valdes; Alves, Pique, Abidal, Maxwell; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Messi, Villa

Prediksi Hasil:
Arsenal 1-1 Barcelona

WASPADAI FABREGAS DAN van PERSIE

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2011/02/16/73/VanPersieFab-Kington-isi.jpg

Barcelona akan menjalani duel keras saat bertandang ke markas Arsenal. Secara khusus, Los Azulgrana harus mewaspadai dua punggawa Arsenal, Cesc Fabregas dan Robin van Persie.

Fabregas pantas diwaspadai karena dalam delapan pertandingan terakhir yang ia lakoni di Liga Champions, pemain asal Spanyol itu mencetak tujuh gol. Bahkan, Fabregas mencetak satu gol ke gawang Barca saat kedua tim berjumpa di Emirates Stadium musim lalu.

Sedangkan Van Persie, selain belakangan sedang tajam di Liga Inggris, juga telah mencetak tujuh gol dalam 11 laga Liga Champions yang ia ikuti. Cuma sayangnya, Van Persie baru berhasil menyarangkan satu gol di Liga Champions musim ini.

Berikut adalah data dan fakta lain dari pertandingan antara Arsenal vs Barcelona yang akan digelar di Stadion Emirates, Kamis (17/2/2011) dinihari WIB, seperti disarikan dari Reuters.

– Arsenal selalu mencetak gol dalam setiap pertemuan kontra Barca, tetapi tidak pernah menang. Lima kali saling bentrok, duel dua tim ini menghasilkan 20 gol alias rata-rata empat gol per partai.

-Arsenal tidak pernah kalah dari klub asing dalam 38 partai kandang di kompetisi Eropa. Kekalahan terakhir dari tim asing adalah dengan skor 3-0 dari Inter Milan, September 2003. Tapi The Gunners pernah kalah dari Chelsea dan Manchester United di sana.

-Barcelona tidak pernah menang dalam tiga lawatan terakhir ke Inggris. Selain diimbangi Arsenal 2-2 musim lalu, Barca juga seri 1-1 di markas Chelsea dan kalah 0-1 dari Manchester United. Walau begitu, dalam sembilan kunjungan terakhir ke Inggris, Barca menang empat kali.

-Barcelona baru sekali kalah dalam 15 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions. Itu adalah kekalahan 1-3 di tangan Inter Milan di semifinal musim lalu.

FABREGAS : Kami tidak takut !

https://i0.wp.com/www.tribunnews.com/foto/bank/images/Cesc-Fabregas3.jpg

Cesc Fabregas kembali berada di persimpangan jalan. Loyalitas kapten Arsenal itu kembali diuji saat timnya ditakdirkan bertemu dengan Barcelona di pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, Kamis (17/2/2011) dini hari nanti.

Fabregas adalah pemain yang lahir dari rahim El Barca, akademi La Masia, tapi kini menjadi nahkoda The Gunners. Di titik inilah cinta Fabregas akan diuji, tetapi sebagai seorang pemimpin, Fab akan tetap memfokuskan dirinya pada tugas utama bersama Arsenal.

“Kami tahu Barcelona adalah tim terbaik di dunia dan itu adalah tugas besar bagi kami. Kami akan melakukan yang terbaik buat tim, kami memiliki tim muda, tetapi satu dengan banyak kualitas dan energi. Kami sangat termotivasi,” kata Fabregas dilansir The Telegraph.

Relasi Fabregas dengan Barcelona sangatlah kental. Barcelona sendiri saat ini masih berusaha keras untuk membawa pulang kembali gelandang brilian itu ke Camp Nou sejak kepindahannya ke London utara 2003 lalu.

Pemain Timnas Spanyol itu pun berada dalam masa transisi tak berujung dan membuat cinta di hatinya mendua antara di Arsenal atau Barcelona. Terlepas dari semuanya, Fabregas dipastikan bersikap profesional untuk memperjuangkan nasib Arsenal.

Bertemunya Arsenal dengan Barcelona adalah ulangan musim lalu saat keduanya terlibat bentrok di babak delapan besar. Arsenal memiliki kenangan buruk saat itu setelah ditahan imbang 2-2 di Emirates dan kemudian luluh lantak 4-1 di Camp Nou.

“Sulit untuk belajar dari musim lalu. Mereka adalah tim yang bagus, bahkan jika Anda tahu segalanya, mereka memiliki banyak pemain berkualitas yang dapat membuat perbedaan.” ujar Fabregas.

Untuk itu, gelandang berusia 23 tahun ini akan melakukan sambutan berbeda terhadap Barcelona yang mayoritas adalah rekan-rekan sekampung halamannya sendiri.

“Kami tidak perlu terlalu khawatir berlebihan terhadap mereka. Kami harus bermain tanpa rasa takut. Musim lalu di leg pertama kami berlebihan menghormati mereka, kali ini tidak perlu. Kami harus memainkan permainan kami,” tambah Fabregas.

SIAP MENANG

https://i2.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2008/10/19/56131_cesc_fabregas__arsenal_300_225.jpg

Ambisi Arsenal untuk lolos ke final Liga Champions   terhalang tembok besar di babak 16 besar. The Gunners pertengahan pekan ini harus mampu melewati terlebih dahulu tim raksasa Spanyol, Barcelona.

Tentu bukan lawan enteng jika tim sekaliber Barcelona yang harus dihadapi. Dukungan pemain kelas wahid menjadi garansi bagi El Barca untuk bisa menghentikan laju Arsenal di babak 16 besar.

Tapi, kapten Cesc Fabregas jauh-jauh hari sudah mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak takut menghadapi bekas klubnya. Menurut pemain asal Spanyol ini, Arsenal punya kekuatan sendiri untuk bisa meruntuhkan tembok kokoh Barcelona.

“Kami tidak perlu khawatir terlalu banyak tentang mereka. Kami harus bermain tanpa rasa takut dan bermain dengan cara kami sendiri,” kata Fabregas seperti dilansir dari Tribal Football.

Menurut Fabregas, Arsenal bukanlah tim kelas teri. Dengan skuad yang ada saat ini seperti Robin van Parsie, Theo Walcott dan Andrey Arshavin Arsenal punya kans besar mengubur hidup Barcelona pada leg pertama babak 16 besar di Emirates Stadium pada 17 Februari 2011.

“Kami tahu kalau mereka memang tim terbaik di dunia dan ini akan menjadi tugas besar bagi kami. Kami banyak memiliki pemain muda dengan kualitas dan energi yang luar biasa,” tegas Fabregas.

TANPA PUYOL

https://i2.wp.com/kcdn1.stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/11/28/0350074p.JPG

Kapten Barcelona Carles Puyol dipastikan absen melawan Arsenal pada babak 16 besar di Stadion Camp Nou, Rabu atau Kamis (17/2/2011). Pasalnya, Puyol masih mengalami cedera tendon.

Dalam beberapa pekan terakhir, Puyol memang berusaha memulihkan cederanya. Ia bahkan sengaja diistrihatkan oleh Pelatih Josep Guardiola ketika “El Barca” ditahan 1-1 oleh Sporting Gijon agar bek asal Spanyol itu bisa tampil pada pertandingan nanti. Namun, bek berusia 32 tahun itu belum pulih sehingga tidak masuk dalam 18 pemain yang akan tampil dalam laga nanti.

Selain Puyol, pemain sayap Jeffren juga dipastikan absen pada pertandingan nanti. Namun, Thiago kemungkinan besar akan masuk dalam skuad Guardiola.

HASIL PERTANDINGAN 2 -1

Secara mengejutkan Arsenal bisa mengalahkan Barcelona 2-1 dalam pertandingan leg I putaran 16 Besar Liga Champions di kandangnya, Kamis 17 Februari 2011, dini hari. Setelah ketinggalan 0-1 di babak pertama, Arsenal bangkit memborong dua gol. Satu gol dicetak Robin van Persie dan satu lagi dibuat Andrey Arshavin.

Kemenangan ini mengejutkan banyak pecinta bola. Orang tahu, Arsenal memiliki gaya serangan mirip dengan Barcelona. Bola mengalir cepat lewat operan pendek dan kepiawaian individu menggocek. Di tangan pelatih Arsene Wenger The Gunners adalah Barcelona-nya Inggris.

http://image.tempointeraktif.com/?id=64963&width=274

Beberapa hari sebelum pertandingan, Arsene Wenger sendiri sempat ragu bisa mengalahkan Barcelona yang kini duduk di puncak klasemen La Liga Spanyol. Apalagi, pemain-pemain Barcelona sebagian besar adalah pemain inti tim nasional Spanyol yang terbukti menjadi juara dunia dan juara Eropa seperti duo gelandang Xavi, Iniesta, dan penyerang David Villa. Mereka juga punya pemain terbaik dunia Lionel Messi. Adapun Arsenal adalah kumpulan para pemain muda yang berbakat seperti Cesc Fabregas, Samir Nasri, van Persie, dan Theo Walcott.

“Barcelona adalah klub terbaik dalam sejarah sepakbola,” ujar Cesc Fabregas, motor serangan Arsenal.

Dalam pertandingan Kamis malam, Barcelona seperti diduga langsung mengambil inisiatif menyerang. Dengan gaya serangan operan pendek tik-tak mereka mencoba mengurung Arsenal. Namun, tim asal London Utara ini bisa meladeni serangan Barca. Bahkan peluang matang pertama justru dilahirkan Arsenal. Pada menit ketiga tendangan bebas Samir Nasri mengincar gawang Barcelona. Peluang tersebut bisa digagalkan kiper Victor Valdes.

Serangan Barcelona berbuah gol saat David Villa menjebol gawang Arsenal pada menit ke-26. Gol ini bermula dari umpan terobosan sang superstar Lionel Messi. Skor 0-1 itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, anak asuh Arsene Wenger tak menyerah. Mereka justru menciptakan dua gol ketika pertandingan akan berakhir. Gol pertama Arsenal dicetak Robin van Persie di menit ke-78. Setelah itu pemain pengganti Andrey Arshavin memastikan kemenangan tim Gudang Peluru berkat golnya menit ke-83.

Kunci kekalahan Barcelona, menurut pelatihnya Pep Guardiola, adalah karena Barcelona gagal memanfaatkan banyak peluang. “Kami mengendalikan permainan dan kami hanya perlu menciptakan kesempatan seperti yang kami lakukan di laga ini di Camp Nou dan nanti,” kata Pep di Reuters. Dia yakin, di pertarungan leg kedua nanti akan menjadi pertarungan yang terbuka dan sengit.

Pelatih Arsene Wenger menyambut kemenangan itu dengan sukacita. “Ini adalah salah satu dari malam yang spesial,” kata Wenger. menurut pelatih yang pintar mencetak pemain bintang ini, kunci kemenangan Arsenal adalah daya juang.

“Kami menderita kekalahan di beberapa momen, tapi kami tidak pernah menyerah. Kami sudah menunjukkan kekuatan khusus dan semangat pantang menyerah yang besar,” katanya seperti dikutip BBC.

Arsenal kecolongan gol, menurut van Persie karena kesalahan timnya sendiri. Mereka tertekan dan bermain terlalu ke belakang. Akibatnya, Messi, dan kawan kawan leluasa mendikte permainan.

Kelemahan itu disadari Arsene Wenger. Di babak kedua, mereka mengubah pola permainan dengan berani menyerang. Kami hanya memainkan permainan kami. Jika Anda bermain terlalu ke belakang mereka akan mengalahkan Anda,” ungkap Van Persie.

“Kami harus mengalahkan mereka dengan gaya mereka sendiri. Kami punya sedikit keberuntungan untuk itu,” katanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: