15 Fakta Academy Awards 2011

17 Feb

https://i2.wp.com/l.yimg.com/nr/api/res/1.2/7hiTZXpKfVZmTNSxyy1LIQ--/YXBwaWQ9eWVudDtiZz0wMDA7Zmk9Zml0O2g9MzAwO3c9MjI4/http://l.yimg.com/jj/image-4d5c74ca47b3c-0000356010.jpg

Perhelatan akbar di dunia film dunia, Academy Award ke-83 sudah tinggal hitungan hari. Siapapun jagoanmu, ada beberapa fakta unik dari para calon penerima Piala Oscar tahun ini yang patut disimak loh! Apa saja?

1. Dari 20 nominasi di bidang akting yang ‘disuguhkan’ dalam Academy Award tahun ini, 8 diantaranya adalah para ‘anak baru’, sedangkan 4 adalah wajah-wajah lama yang bahkan sudah menang di Academy Awards tahun lalu!

2. Di antara semua kategori mayor yang ada, believe it or not, or just check, tidak ada satupun seorang Afrika-Amerika (negro)! Quiet a racism, eh? šŸ™‚

3. Setelah tahun lalu Kathryn Bigelow (sutradara HURT LOCKER) menjadi wanita pertama pemenang Oscar kategori Best Director, tahun ini para nominator jatuh lagi ke tangan para pria. Come on, girl, fight for next year nominees, or even be the winner!

4. TRUE GRIT menjadi spesial tahun ini karena ‘dihuni’ oleh nominator termuda dan tertua! Hailee Steinfield baru saja berulang tahun yang ke-15 bulan lalu dan Jeff Bridges adalah aktor paling senior di usianya yang ke-62 ini. Terbukti, Oscar has nothing to do with age!

5. Academy Award tahun ini akan digelar 27 Februari nanti, yang jatuh pada hari Minggu. Dan kalau diperhatikan, Academy Awards selalu diadakan pada hari Minggu sejak 1999. Sebelumnya, acara ini digelar pada hari Rabu setiap tahunnya sampai 1954. Pada 1959-1998 dipilih hari Senin sebagai hari penobatan insan-insan terbaik di dunia perfilman, sampai akhirnya sekarang diputuskan untuk digelar hari Minggu. Yeah, and the winners will definitely love their Monday!

6. Jika Jeff Bridges memenangkan kategori Best Actor tahun ini, maka dia akan meneruskan jejak Spencer Tracy dan Tom Hanks , yang dua tahun berturut-turut membawa pulang Oscar karena film apik yang mereka bintangi setiap tahunnya. Go, Jeff!

7. Para pemenang Best Actress dan Best Actor bisa jadi salah satu yang paling ditunggu. Pasalnya, jika sampai Jesse Eisenberg (27 tahun) dan Jennifer Lawrence (20) membawa pulang Piala Oscar, maka keduanya akan menuliskan rekor baru sebagai Best Actor dan Best Actress termuda. Yang muda yang berprestasi?

8. Joel dan Ethan Coen (sutradara TRUE GRIT) berhasil membuat film ini lebih baik di mata kritikus. Tahun ini, film remake ini memperoleh 10 nominasi sekaligus, jauh mengalahkan film sama di tahun 1969 yang hanya memperoleh 2 nominasi. Well, tapi bakal lebih lengkap kalau kesepuluh kategori berhasil menyabet piala emas Oscar kan?

9. Sebelum BLACK SWAN, hanya dua film balet yang pernah menjadi nominator Oscar, yakni THE RED SHOES pada 1948 dan THE TURNING POINT pada 1977. Will it dance with Oscar Trophy?

https://i2.wp.com/l.yimg.com/a/i/sea/id/03/392getty_oscars.jpg

10. Dibalik dua nominator Best Picture, THE SOCIAL NETWORK dan TRUE GRIT, ada satu nama besar produser yang patut berbangga. Yep, Scott Rudin bakal tersenyum lebar karena kedua film yang diproduserinya ini sama-sama menjadi nominator. Wuih!

11. Selain Hailee Steinfield yang memang masih remaja, sebagian besar nominator juga memulai karir beraktingnya di usia remaja, seperti Natalie Portman, Javier Bardem, Michelle Williams, Christian Bale, Jennifer Lawrence, Jesse Eisenberg, Nicole Kidman , Helena Bonham Carter dan Jeff Bridges. Long way to go girl!

12. Randy Newman menambah panjang daftar prestasinya sebagai nominator Oscar. Tahun ini, tepat ke-20 kalinya Newman menjadi nominator untuk kategori Best Original Song dengan We Belong Together untuk TOY STORY 3.

13. Walau sudah sangat lekat dengan berbagai penghargaan, namun inilah kali pertama bagi Javier Bardem mendapatkan posisi sebagai nominator dengan film yang full berbahasa Spanyol, bukan dalam kategori Foreign Movie, tapi justru dalam kategori Best Actor, melawan mereka-mereka yang tergabung dalam ‘ras’ film Hollywood. Salut!

14. Tiga dari 5 nominator Best Actor memerankan seorang tokoh nyata! Colin Firth memerankan King George dalam THE KING’S SPEECH, Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg dalam THE SOCIAL NETWORK, dan James Franco sebagai Aaron Ralston dalam 127 HOURS.

15. The Coen Brothers, Joel dan Ethan Coen, memperoleh ‘paket lengkap’ dengan 3 nominasi ‘balik layar’ sekaligus, yakni penulis, sutradara dan produser TRUE GRIT.

Dengan keistimewaan masing-masing, kira-kira siapa ya yang jadi pemenang? Hmm, bakal pusing tuh juri Oscar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: