Pray For Christchurch

22 Feb

https://i1.wp.com/kcdn3.stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/02/22/1157016620X310.jpg

Gambar yang berasal TV3 Selandia Baru ini menunjukkan sebagian reruntuhan Kathedral Christchurch akibat gempa berkekuatan 6.3 yang melanda kota Christchurch, Selasa (22/2/2011). Gempa tersebut dilaporkan telah menyebabkan korban tewas, menghancurkan bangunan, serta memicu kebakaran dan membuat panik warga.

Lebih dari 65 orang tewas akibat gempa yang melanda Christchurch, Selandia Baru, Selasa (22/2). Kemungkinan jumlah itu akan bertambah mengingat hingga 200 orang masih terjebak dalam reruntuhan.

Polisi dan regu penolong berusaha mengevakuasi korban tewas dari balik reruntuhan. Isak tangis dan kepanikan mewarnai proses evakuasi tersebut.

Banyak warga berlarian mencari kerabat mereka sembari menghindari bangunan-bangunan yang hampir ambruk.

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Christchurch pada Selasa pagi. Gempa itu merupakan kedua kalinya dalam lima bulan terakhir yang melanda kota terbesar kedua Selandia Baru. Warga berhamburan menyelamatkan diri.

Guncangan merusak bangunan, mobil, dan kendaraan lain. Selain itu, aliran listrik dan air bersih putus.

Selandia Baru di antara lempengan tektonik pasifik dan Australia menjadi langganan gempa bumi. Rata-rata 14 ribu kali pertahun dilanda lindu. Sebanyak 20 di antaranya mencapai kekuatan 5,0 magnitude.

http://alfredoelectroboy.files.wordpress.com/2011/02/christchurch-earthquake.jpg?w=300

https://i2.wp.com/static2.stuff.co.nz/1298346911/772/4689772_600x400.jpg

https://i2.wp.com/earthquake-report.com/wp-content/uploads/2011/02/christchurch-1.jpg

DARURAT

Walikota Christchurch mendeklarasikan keadaan darurat di Christchurch pada hari ini.

“Semua orang perlu mengerti bahwa ini akan menjadi hari yang sangat gelap untuk kota yang belum lama ini terguncang parah,” kata Walikota Bob Parker kepada Radio New Zealand.

Parker mengatakan kerusakan yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 6,3 skala Richter besar sekali, dan dirinya terjatuh ke lantai gedung dewan kota saat gempa terjadi.

“Saya melihat ke luar ke kota sesaat, saya berdiri dan dapat melihat kepulan debu dari bangunan yang runtuh. Saya dapat mendengar teriakan di jalanan. Saya turun ke jalan dan keadaan sudah sangat kacau, banyak yang panik, banyak yang menangis,” tambahnya.

Parker mengatakan pemberlakuan keadaan darurat dimaksudkan agar akses ke pusat kota ditutup untuk keselamatan publik dan untuk membantu regu penyelamat menjalankan tugasnya.

http://personal.denison.edu/~klemettie/images/NZ%20EQ.jpg

KORBAN

Sedikitnya 65 orang tewas dalam gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter yang mengguncang kota Christchurch, Selandia Baru, Selasa. Korban diperkirakan masih akan bertambah. Saat ini para penolong tengah membongkar reruntuhan untuk menemukan orang-orang atau mayat-mayat yang terjebak dalam bangunan yang ambruk. Gempa tersebut merupakan gempa kedua yang menghantam kota itu dalam lima bulan terakhir.

“Kami dapat menyaksikan hari paling gelap bagi Selandia Baru. Jumlah korban (tewas) yang saya ketahui saat ini adalah 65 orang dan angka itu mungkin naik,” kata Perdana Menteri Selandia Baru John Key kepada televisi lokal.

Gempa itu terjadi pada saat makan siang, yaitu pukul 12.51 (atau 06.51 WIB), ketika jalan-jalan dan toko penuh sesak dengan pengunjung dan orang-orang masih berada di kantor. Pusat gempa berada hanya sekitar lima kilometer dari Christchurch dan terletak di kedalaman empat kilometer.

Wali Kota Christchurch menggambarkan kota berpenduduk hampir 400.000 orang itu sebagai medan perang. “Ada kematian, ada banyak yang luka, akan ada banyak yang bersedih di kota ini,” kata Bob Parker, Wali Kota Christchurch, kepada Australian TV melalui telepon.

Beberapa saat setelah gempa, helikopter menumpahkan air dalam jumlah besar untuk memadamkan sebuah kebakaran di gedung perkantoran yang tinggi. Sebuah crane membantu untuk menyelamatkan para pekerja yang terjebak di gedung perkantoran lain.

“Saya berada di sisi kanan lapangan di luar katedral, yang bagian depannya telah runtuh, dan ada orang lari dari sana. Ada orang juga di dalam,” kata John Gurr, teknisi kamera yang berada di pusat kota ketika gempa itu melanda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: