Review Album RAN HOP3

4 Mar

 

https://i0.wp.com/www.whatzups.com/account/uploads/adit/RAN2.jpg

Ini yang ditunggu-tunggu oleh  penggupakan album teranyar  RAN seluruh Indonesia yaitu album terbaru RAN. Pada kamis (3/3) kemaren RAN merilis album ke-3 mereka,  HOP3 merupakan jawabannya.

HOP3 merupakan full album RAN yang isinya 8 track lagu. Salah satunya adalah “Mencuri Hati” single perdana dari album ini yang sudah kita dengar terlebih dahulu akhir tahun kemaren. HOP3  menjadi spesial buat RAN karena banyaknya pesan yang ingin disampaikan oleh RAN lewat lagu ini. Album ini merepresentasikan harapan yang sedang dibutuhkan di negeri ini sebab banyaknya musibah, kejadian dan kemunduran di berbagai aspek di Indonesia. Mudah-mudahan melalui lagu-lagu di album k-3 RAN bisa memotivasi orang untuk berbuat positif sehingga menjadi harapan baru.

Dalam album ini juga memberikan banyak pengalaman baru bagi personil RAN sendiri. Seperti proses preproduction yang mulai dicicil disela-sela kesibukan RAN manggung. Rayi, Asta dan Nino merekam satu persatu demo/guide lagu secara on the road.

“Prosesnya kalau dibandingkan 2 album sebelumnya jelas berbeda. Feel-nya beda dan sudah pasti seru!” akunya Asta Andoko. Proses rekaman pun terhitung singkat hanya sekitar 2,5 bulan untuk merampungkan rekaman yang di mulai pada bulan desember 2010.

Menurut mereka yang paling spesial dari album ini adalah RAN sukses mem-produce semuanya sendiri. Hal yang belum pernah terjadi di 2 album RAN sebelumnya. Personil RAN kian leluasa menata musik dan semua arasemen lagu-lagu yang masuk dalam HOP3 termasuk dalam urusan mengkonsep artwork album ini.

Lagu dalam album ini tetap mengusung temakan cinta seperti album yang terdahulu. Tapi ada lagu yang sengaja RAN dibuat mengajak untuk ramai-ramai bersepeda dalam lagu “Sepeda“ merupakan kondisi belakangan ini memang sering dilakukan RAN dan sahabat meraka. Tak hanya itu RAN juga mencoba me-recyle lagu “Kulakukan Semua Untukmu yang merupakan lagu yang sempat ngetop era tahun 90-an yang pada waktu itu dibawakan duet Fatur dan Nadila. Menurut Rayi album HOP3 ini juga RAN maju dengan konsep yang lebih digital. RAN ingin lebih meng-eksplorasi sound-sound karena RAN sendiri ingin terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

RAN Curi-curi Waktu Untuk ‘HOP3’

Setelah hampir dua tahun lamanya, akhirnya grup musik RAN merilis album ketiga mereka yang bertajuk ‘HOP3’. Proses rekaman yang terbilang cukup singkat membuat trio yang digawangi oleh Rayi, Asta dan Nino harus mencuri-curi waktu agar album mereka selesai tepat pada waktunya.

“Total waktu pengerjaannya 2,5 bulan. Kami mulai rekaman sejak Desember 2010. Prosesnya jelas berbeda dengan dua album sebelumnya, rasanya seru!” kata Asta Andoko saat peluncuran albumnya di FX Centre, Senayan Jakarta Selatan, Kamis 3 Maret 2011 malam.

Untuk ‘HOP3’, tak jarang Rayi, Asta maupun Nino melakukan workshop di kamar hotel ketika sedang show di luar kota atau saat menunggu jadwal pesawat di bandara. Berbeda dengan dua album sebelumnya, ‘RAN For Your Life’ dan ‘Friday’, dalam album ‘HOP3’ mereka kian leluasa menata musik dan aransemennya sendiri. Termasuk dalam mengkonsep artwork album ini, cover CD ‘HOP3’ merupakan salah satu bukti kreatif mereka.

‘HOP3’ adalah full album ketiga yang berisikan 8 track lagu. Salah satunya adalah ‘Mencuri Hati’ yang sudah lebih dulu dirilis akhir tahun kemarin.

Meski masih bertemakan cinta, beberapa lagu menawarkan beat yang belum pernah dibawakan RAN sebelumnya. Bukan cuma lagu baru, RAN juga me-recycle tembang yang pernah dibawakan Fatur dan Nadila tahun 90-an yaitu ‘Kulakukan Semua Untukmu’.

“‘Kulakukan Semua Untukmu’ adalah lagu dari masa kecil kami,” kata Nino.

Masih ada ‘Sepeda’,’Salah Tingkah’,’Telepon’,’Fresh’,’Singgasana Hati’ dan ‘Dance With Me’ yang bisa dinikmati di album ketiga RAN. Trio ini berharap, ‘HOP3’ bisa menjadi harapan baru dan memotivasi orang untuk berbuat hal yang positif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: