Tentang Oracle

12 Mar

https://i1.wp.com/www.biskom.web.id/wp-content/uploads/2008/09/oracle.jpg

Oracle Corp didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates dan Larry Ellison. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan database server di mainframe. Kesuksesan Oracle Corp terkait dengan sejarah dan teori database relasional. Teori database relasional diperkenalkan hampir secara simultan oleh Edgar F. Codd (dalam artikelnya yang terkenal Large Shared Data Banks) pada tahun 1969. IBM adalah perusahaan pertama yang menerapkan model relasional ini dalam bahasa SQL, dengan produknya DB2. Oracle Corp melihat perkembangan teori model relational dan implementasi database relational dalam DB2 dan memutuskan untuk mengimplementasikan model relational di produk Oracle. Sebelumnya produk database Oracle memakai model nonrelational.

Pertengahan tahun 1980-an, Oracle Corp mendeversifikasi produk Oracle (versi 6.x) ke luar mainframe, yakni ke sistem operasi Unix. Selanjutnya Oracle Corporation mendiversifikasi Oracle ke sistem operasi Novell Netware, Windows NT (versi Oracle 7.x, mulai tahun 1996), dan Linux (versi 8.x, sekitar tahun 1997). Mulai tahun 1998 Oracle menghentikan pembuatan produknya untuk sistem operasi MVS dan Novell Netware.
.
Pada pertengahan tahun 1990-an, Oracle Corporation mulai membuat juga produk-produk non database server seperti Application Server (WebDB, OAS), Development Tools (Oracle Developer, Oracle Designer) dan ApplicationSuite (Oracle Apps). Oracle versi 7.x adalah dianggap versi Oracle yang paling stabil (Oracle 7.3.4). Suatu perbedaan penting versi 7.3.4 dibanding pendahulunya adalah adanya bitmap index, index yang sangat efisien untuk menangani kolom yang variasi nilainya sempit. Di versi 7 terdapat perbaikan dukungan terhadap VARCHAR, dari batas maksimum 256 menjadi 2000. Versi 8 memperkenalkan partitioning (untuk mengelola database berukuran sangat besar : VLDB atau Very Large DataBase), advanced queue, recovery manager, dan user defined (composite) type. Mulai versi ini juga beberapa tools Oracle dibuat dengan memakai bahasa pemograman Java. Dukungan terhadap Java masih sangat terbatas di Oracle 8.
.
Versi ini memperbesar batas VARCHAR dari 2000 menjadi 4000. Oracle 8i (i diartikan sebagai internet) memiliki dukungan yang lebih baik terhadap java, dukungan terhadap XML, two-level partitioning, Internet File System, Internet Directory (memakai Lightweight Directory Access Protocol atau LDAP), arsitektur 3-tier (CORBA, Common Object Request Broker Architecture) untuk konektivitas dan Enterprise Manager-nya, Managed Standby Database, serta perluasan kemampuan trigger. Kebanyakan dukungan tambahan ini terkait dengan internet. Oracle8i terdiri atas 3 rilis. Rilis 1 = versi 8.1.5, rilis 2 = versi 8.1.6, dan rilis 3 = versi 8.1.7.
.
https://i0.wp.com/www.iwaysoftware.com/products/images/oracle-java-graph.jpg
.
Reaplikasi pada rilis 1 memiliki keterbatasan hanya mampu menangani VARCHAR samapai 2000 karakter. Keterbatasan ini diperbaiki menjadi 4000 karakter pada rilis 2 dan 3. Pada tahun 2001 diperkenalkan Oracle9i. Fitur-fitur baru mencakup self-tuning memory, multiple database-block size serta database template. Kemudian pada tahun 2005 diperkenalkan Oracle 10g. Pada versi tersebut terdapat beberapa versi, antara lain : Enterprise Edition, Standard Edition, dan Standard Edition One.
.
Enterprise Edition memberikan efisiensi, reliabilitas dan juga keamanan manajemen data untuk mission-critical application, seperti dalam lingkungan OLTP (Online Transaction Processing), data warehouse yang intensif melakukan query dan juga aplikasi internet. Edisi ini juga memberikan tool-tool dan juga fungsionalitas untuk memenuhi standar ketersediaan dan juga skalabilitas pada aplikasi enterprise. Standard Edition One sangat mudah digunakan, mempunyai kekuatan yang bagus, performa yang baik dalam workgroup dan juga sudah mendukung aplikasi internet maupun intranet. Edisi ini mampu menjadi solusi untuk lingkungan single-server, small business sampai dengan lingkungan cabang yang terdistribusi. Edisi ini juga sudah termasuk semua fasilitas yang diperlukan dalam membangun suatu aplikasi bisnis yang kritis. Edisi ini hanya dapat dilisensikan pada server yang memiliki kapasitas maksimum dua prosesor.
.
Standard Edition fitur dasarnya sama seperti Standard Edition One, tetapi dengan dukungan mesin yang lebih besar dan juga mendukung system clustering dan juga layanan Real Application Clusters. Edisi ini dapat dilisensikan dalam suatu single server dengan kapasitas maksimum empat prosesor.
.
https://i1.wp.com/www.aquafold.com/screenshots/docs/aboutjdbcdrivers-oracle-large.jpg
.
Kehandalan dan Fitur Penting Database Oracle
Beberapa kehandalan dari database Oracle, antara lain:
1.      Scalability, kemampuan menangani banyak user yang melakukan koneksi secara simultan tanpa berkurangnya performance secara signifikan. Dalam dokumentasi Oracle disebutkan bahwa database Oracle sanggup melayani puluhan ribu user secara simultan.
2.      Reliability yang bagus, yaitu kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi pada system seperti disk failure.
3.      Servicesability, yaitu kemampuan untuk mendeteksi masalah, kecepatan dalam mengoreksi kesalahan, dan kemampuan mengkonfigurasi ulang struktur data.
4.      Stability, yaitu kemampuan untuk tidak crash karena beban kerja yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan scalability.
5.      Availability, yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar services dapat tetap berjalan. Misalnya dengan tersedianya fasilitas pendistribusian database pada beberapa data server dan juga pemulihan database (recovery).
6.      Multiplatform, dapat digunakan pada banyak Sistem Operasi seperti Windows, Unix, Linux dan Solaris.
7.      Mendukung data yang sangat besar, menurut dokumentasi dapat menampung 512 petabytes (1 petabytes = 1.000.000 gigabytes).
8.      Sistem Sekurity yang cukup handal.
9.      Mendukung database Berorientasi Objek.
10.  Dapat menampung hamper semua tipe data seperti teks, image, sound, video, dan time series.
.
Fitur penting dari database Oracle, yaitu:
1.      Oracle Real Application Clusters (RAC), merupakan suatu lingkungan komputasi yang memanfaatkan interkoneksi antar komputer dengan menggunakan teknologi cluster. Dengan hal tersebut maka dapat memberikan skalabilitas tidak terbatas dan juga tingkat ketersediaan yang tinggi bagi aplikasi apapun. Ini bisa dicapai dengan memanfaatkan konfigurasi hardware secara cluster berkat kemudahan dalam penggunaan single system image. Oracle RAC mengijinkan akses ke dalam single database dari beberapa titik dalam suatu konfigurasi sistem yang tercluster. Ini bertujuan untuk memisahkan antara aplikasi dan database dari kemungkinan adanya kesalahan operasi pada software maupun hardware.
2.      Oracle Partitioning, mampu untuk meningkatkan manajemen data bagi proses OLTP (Online Transaction Processing), data mart dan juga aplikasi data warehouse dengan menambahkan kemampuan pengaturan, ketersediaan dan juga performa pada struktur tabel dan index yang kompleks. Oracle Partitioning mengijinkan tabel yang besar untuk bisa dibagi ke dalam suatu potongan yang lebih kecil agar lebih mudah dikontrol.
3.      Oracle OLAP, merupakan mesin kalkulasi dengan skalabilitas dan performa yang tinggi untuk pemrosesan data. Dia juga dilengkapi dengan administrasi dan manajemen yang terintegrasi sebagai solusi aplikasi yang membutuhkan analisa. Oracle OLAP ini sudah secara penuh terintegrasi dalam database dan memberikan fungsi-fungsi yang lengkap seputar masalah data analisis. Dengan predictive analysis dapat dimanfaatkan untuk meramalkan tren pasar, prediksi keperluan dalam proses produksi dalam manufaktur atau juga membuat suatu analisa terhadap keuangan suatu perusahaan. Sistem OLAP ini menggunakan suatu perhitungan dan kalkulasi yang sangat kompleks dan juga melihat data secara multidimensional.
4.      Oracle Data Mining, mengijinkan perusahaan untuk membangun suatu sistem business intelligence yang canggih sehingga dapat digunakan untuk menggali informasi lebih dalam dari database yang ada, menemukan fakta-fakta baru dan juga mengintegrasikan informasi tersebut ke dalam aplikasi bisnis. Oracle Data Mining menyertakan fungsi data mining untuk membuat klasifikasi, prediksi dan juga asosiasi.

Entah kenapa saya masih suka membahas Oracle. Sepertinya bukan cuma saya sih, banyak kok pecinta Open Source yang membahas Oracle. Nah, kali ini saya akan menulis 26 fakta seputar Oracle.

Fakta Seputar Oracle

.

  1. Oracle pertama kali didirikan dengan nama Software Development Laboratories pada 1977 dan berubah menjadi Relational Software Inc. pada 1979.
  2. Larry Ellison adalah satu-satunya CEO yang dimiliki Oracle sejak dulu hingga sekarang.
  3. CIA adalah salah satu pelanggan pertama Software Development Laboratories. CIA minta dibuatkan relational database management system (RDBMS).
  4. Proyek CIA tersebut diberi nama Oracle.
  5. Ide pembuatan RDBMS yang digunakan oleh para founder Oracle (Larry Ellison, Bob Miner, dan Ed Oates) terinspirasi dari hasil publikasi penelitian oleh IBM.
  6. Saat itu, para petinggi IBM tidak menyangka akan potensi Structured Query Language (SQL).
  7. Versi komersial Oracle adalah Oracle 2 untuk memikat para techie. Saat itu, bug-nya banyak.
  8. Setelah merilis versi komersial untuk aplikasi di perusahaan, penghasilan Oracle naik setiap tahun dari 1980 hingga 1987. Hal ini dikarenakan akhirnya IBM menjadi pelanggan Oracle.
  9. Pada tahun 1986, harga IPO Oracle adalah $31,5 juta.
  10. Empat tahun kemudian, Oracle jatuh bangkrut. Penjualan Oracle merosot 80%.
  11. Biang dari kebangkrutan itu adalah kecenderungan petinggi Oracle yang terlalu memandang tinggi nilai laba.
  12. Pada tahun 1992, Oracle 7 dirilis setelah beberapa petinggi Oracle didepak dari kursinya untuk membenahi perusahaan.
  13. Larry Ellison pada 1998 pernah berkomentar: If the internet turns out not to be the future of computing, we’re toast. But if it is, we’re golden.
  14. Oracle telah mengakuisisi 57 perusahaan dalam lima tahun terakhir.
  15. Kegilaan Oracle paling nyata adalah saat membeli PeopleSoft pada tahun 2005 seharga $10,3 milliar.
  16. Akuisisi dengan nilai terbesar terakhir adalah saat membeli Sun Microsystems senilai $7,4 milliar.
  17. Tahun ini, Oracle juga membeli Phase Forward dengan harga $685 juta.
  18. Hubungan Oracle dengan HP mulai hancur ketika Oracle mulai menjual bundling software bersama hardwarenya.
  19. Tahun 2009, laba Oracle melonjak ke angka $26,82 milliar.
  20. Saat ini, Oracle memiliki pelanggan sebanyak 345.000 di seluruh dunia.
  21. Oracle menyebut, dengan sombong, partnernya di seluruh dunia berjumlah 21.000.
  22. Musim panas kemarin, U.S. Justice Department mendakwa Oracle telah menggelapkan kontrak proyek penjualan bernilai lebih dari $1 milliar.
  23. Oracle baru saja menggugat Google karena Android.
  24. Oracle secara resmi menghentikan proyek OpenSolaris dan mengembangkan Solaris menjadi platform closed-source.
  25. Setelah dipecat dari HP, Mark Hurd didaulat oleh Oracle menjadi petinggi. Hal ini akhirnya membuat HP menggugat Oracle dan Mark Hurd.
  26. OpenOffice.org memisahkan diri dari Oracle dan membuat The Document Foundation dengan LibreOffice.

Nah, fakta terakhir adalah Oracle dimusuhi banyak fans Open Source, termasuk Google.

Masih tentang Oracle, si gurita bisnis di dunia teknologi dan software. Kali ini berita buruk datang lagi bagi kalangan open source dan GPL yang dalam hal ini adalah MySQL.

Terhitung sejak awal November ini, Oracle resmi menghapus MySQL versi Basic dan Silver yang sebelumnya berharga mulai dari $599 dan $1,999. Saat ini Oracle menyisakan MySQL dengan harga paling murah yaitu versi Standar dengan harga USD 2,000. Ini adalah berita buruk bagi para pelaku bisnis startup yang menggunakan MySQL.

Harga dan versi MySQLClick to enlarge 

Oracle memang masih menyisakan MySQL Community Edition yang masih dilengkapi dengan InnoDB. Di sisi lain, Oracle menaikkan harga MySQL Cluster Carrier Grade, versi paling ekslusif, menjadi $10,000 dari harga semula yaitu $4,999.

Efek dari berita ini, beberapa pelaku bisnis software memerintahkan anak buahnya untuk pindah dari MySQL ke PostgreSQL. Pemilihan peralihan dari MySQL ke Postgre bukan tanpa alasan. PostgreSQL adalah RDMBS yang menggunakan lisensi BSD dimana lisensi ini mengijinkan seseorang memodifikasi dan bahkan menjual versi yang dibuatnya sebagai software proprietary. RedHat juga pernah menggunakan PostgreSQL sebagai database untuk database perusahaannya. Jadi, mari pindah ke PostgreSQL? :D

Anyway, ada juga seorang CEO perusahaan software yang meminta mereka tidak lagi menggunakan platform Java. Alasannya, Oracle. Lagipula, siapa yang tahu apa yang akan dilakukan oleh Oracle kepada Java?

Iklan

Satu Tanggapan to “Tentang Oracle”

  1. Brian Maret 12, 2011 pada 4:31 pm #

    mantap gan, tpi ini interview sendiri ato nyari dari om google?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: