Cara Menggunakan Virtual Box

20 Mar

Hardirnya virtualbox (virtual mesin) mempermudah kita belajar komputer tidak memiliki komputer atau yang takut komputernya rusak karena salah oprek, teratasi dengan adanya virtualbox, vmware. Dan jujur saja jenis virtual mesin /virtual box ini banyak ragamnya, seperti milik microsoft bernama virtualPC, ada lagi QEMU emulator, ada vmware dan banyak lagi yang lainnya. Di antara sekian virtual mesin tersebut saya pertama kali menggunakan qemu, dan sekarang lebih menyukai VIRTUALBOX, yang support di mesin windows manapun, tanpa harus mendownload file yang sama, virtualbox dapat di jalankan di mesin 32 mapun 64.

Cara Menggunakan VirtualBOX.

Install VirtualBOX saya anggap sukses dan langkah berikut menconfigurasi virtualBOX agar dapat di jadikan bahan expriment seperti belajar install windows xp, belajar install mikrotik, belajar configurasi mikrotik, belajar install squid, hampir semua hal yang dapat di lakukan pada komputer real dapat di kerjakan di virtualBox.

  • Jalankan VirtualBOX dan klik tombol New yang berwarna biru muda

  • Pada Welcome to The New Virtual Machine Wizard!, Klik Next

  • Kemudian pada box Name isikan nama os yang ingin diinstall Misalnya WindowsXPVirtual Pada box OS Type : Sesuaikan Jenis OS yang anda pilih dan yang akan di install. misalnya: Operating System : Microsoft Windows , Version : Windows XP dan Klik NEXT setelah isian diselesaikan.

  • Memory : pada bagian ini anda di sarankan mengatur alokasi memori, setidaknya 1/2 dari memori real dapat di gunakan, bila anda menggunakan memori komputer 1GB, maka set 512 atau bisa juga lebih kecil tergantung kebutuhan, setelah di set memori misalnya 512mb kemudian klik NEXT

  • Virtual Har disk : Centang chekbox Boot Hardisk, dan pilih radio Button, Create New Hardisk. kemudian klik Next

  • Welcome To The Create New Virtual Disk Wizard : klik Next

  • Pada Hard Disk Storage Type : box storage type pilih Dynamically Expanding Storage kemudian pilih /klik NEXT

  • Pada Virtual Disk Location And Size: tentukan besar hardisk yang anda butuhkan, untuk windows xp bisa di set 10GB atau lebih. Klik Next

  • Summary! pilih tombol Finish

  • Summery! lagi pilih tombol Finish lagi.

  • Dan hasil akhirnya seperti dibawah ini


Pada langkah di atas hardisk virtual telah di create dan siap di gunakan, langkah berikutnya pada virtual box, adalah menentukan boot disk dari mana, maksud boot disk disini adalah source file dari mana asala instalasi berasal, dan kehebatan virtualbox ini di sediakan beberapa option, termasuk didalamnya ada boot via cdroom, yang akan mengakses cd room kita langsung, atau juga boot via hardisk real kita yang mana harus tersedia didalamnya sebuah file iso image. Misalnya iso image yang bernama windowsxp.iso. Bila anda tidak memiliki iso, dan cd room, ada baiknya untuk mendownload sebuah file iso image dari internet untuk melanjutkan langkah selanjutnya, misalnya iso imagenya windows xp.

Kalau kita ingin mencicipi OS terbaru misalkan Linux atau ingin mencoba compatibilitas program yang kita buat di berbagai OS (Linux dan Windows) secara bersamaan ternyata ada cara mudah yakni dengan menggunakan Virtual Box. Dengan software ini kita bisa menjalankan OS di dalam OS. Maksudnya adalah kalau kita punya OS Windows XP (Host) maka di virtual Box kita bisa menginstal OS lain (guest) seperti Linux (kernel 2.6) ataupun Windows Vista, misalnya. Virtual Box ini mirip dengan VMware, software virtual machine.

Ukuran software ini reltif kecil yaitu 16.863Kb untuk versi 1.5. Software ini berlicensi GNU. Jadi, kita bisa mendownloadnya secara gratis. Disarankan untuk OS Hostnya memiliki memory relatif besar. Karena nanti akan dishare dengan OS guestnya. Misal kita punya 512Mb dan untuk memori OS Host kita beri 256Mb maka memory (real) yang tersisa di OS host 256Mb.Tertarik?

Berikut saya berikan langkah-langkah menggunakannya untuk OS host Windows XP dengan OS guest PCLinuxOS 2007.

1. Download Virtual Box di sini (klik kanan save as). Tentukan OS Host yang kamu pakai apakah linux atau windows. Karena installernya beda.
2. Install Virtual Box. Caranya sama dengan menginstal software pada umumnya.
3. Buat Virtual Disk untuk Hardisk OS guest kita. pilih File > Virtual Disk Manager. Didalam Virtual Disk manager pilih New. Untuk OS guest PCLinux2007 saya memilih ukuran fix 3Gb.
4. Setelah selesai membuat Virtual Disk sekarang buat OS Guestnya. Pilih New dan ikuti wizardnya. Untuk Virtual Disknya pakai Virtual disk yang telak kita buat.
5. Sekarang setting OS Guest kita tersebut. Yang terpenting adalah tentukan lokasi sumber OS guest kita. select OS guest trus pilih setting > CD/DVD rom > centang Mount CD/DVD-Rom. karen sumber PClinux saya berupa ISO. maka saya pilih ISO image file.

6. Jangan lupa setting boot order ke CD/DVD ROM. caranya Setting > General > klik tab Advance. Pilih boot order
7. Kembali ke menu utama. select OS guest kita dan klik start.
8. Sekarang kamu siap menginstal OS Guest di Virtual Disk. Langkah-langkahnya sama seperti cara instal OS di komputer pada umumnya. Kalau kamu lebih suka Knoppix maka tidak perlu di install.

Virtual Box - Virtual Machine 3

Agar bisa sharing folder antara OS Host dengan OS Guest pada Virtual Box maka kita harus instal Guest Addition dulu.

caranya sebagai berikut (kamu dah harus instal OS Guest di Virtual Disk) :

1. Ganti boot order di Virtual Box ke Disk virtual. klik setting > genereal > pilih tab advance > boot order.
2. Masih dalam setting menu, pilih CD/DVD Rom > centang Mount CD/DVD drive > ISO image file dan browse ke C:\Program Files\innotek VirtualBox\VBoxGuestAdditions.iso
3. Start OS Guest
4. Setelah masuk, buka Terminal dan ganti account ke Administrator dengan perintah SU
5. Ganti directory ke tempat CD ROM di mount
6. ketikkan perintah “sh ./VBoxLinuxAdditions.run” (tanpa tanda petik)
7. restart OS guest.

Untuk setting Folder agar bisa diakses oleh OS Guest :

1. Pilih setting > Shared Folder > Add new folder. Browse folder di OS host yang ingin kamu share.
2. Sekarang masuk ke OS guest kamu.
3. Mount folder tadi ke Virtual disk kamu
caranya : ketikan di terminal “mount -t vboxsf [nama folder] [tujuan mount]
contoh: nama folder lagu, dan ingin dimount di /media/lagu
mount -t vboxsf lagu /media/lagu
4. Sekarang lihat isi folder /media/lagu
5. Jangan lupa aktifkan audio di Virtual Box nya jika ingin mendengarkan lagu lewat OS Guest. Pilih setting > audio > Windows Direct Sound.

Selamat kamu telah berhasil menginstal Virtual Box dan mengkonfigurasinya. Kalo ada yang ditanyakan silahkan isi di kolom komentar. Berikut beberapa screenshot dari OS Guest PCLinuxOS 2007

CARA 2

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang Tutorial Instal Ubuntu Menggunakan Virtualbox, ada baiknya sobat-sobat blogger menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. seperti satu paket komputer lengkap dengan keyboard, mouse dan monitor. Hahaha
Bercanda sob, bahan-bahan yang diperlukan hanyalah virtualbox atau software sejenis seperti Parallels Worskstation, VMWare, virtual pc dan ubuntu instaler nya. Belum punya ubuntu?? pesan aja via pos, Gratis kok. Silakan klik disini untuk cara-caranya. Belum punya virtualbox juga?? download aja disini. karena untuk virtualbox tidak disediakan menu pesan antar seperti ubuntu, jadi mau nggak mau harus download. Hehehe

Bila semua bahan-bahan yang diperlukan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya yang anda lakukan ialah menginstal virtualbox di PC/Notebook anda. Lakukan instalasi seperti biasa, bila sudah, jalankan virtualbox nya. Maka akan muncul registration form, abaikan saja dengan klik cancel. atau bila anda ingin mendaftar silakan saja. Hehehe

.

Setelah itu klik new, untuk membuat virtual machine baru. klik next, buat nama VM (Virtual Machine) sesuka anda. misal : tester.

.

Kemudian pilih kapasitas memory yang anda kehendaki. rekomendasi saya, bila anda menggunakan RAM 1 GB sebaiknya set kapasitas RAM di 512 MB.

Selanjutnya next-next saja, sampai muncul opsi finish. Maka akan tampil seperti dibawah ini,

.

Kemudian klik menu setting, lalu klik CD/DVD ROM. Bila anda menggunakan CD instaler ubuntu, maka beri centang opsi Mount CD/DVD Drive, bila menggunkan file ISO maka centang file ISO image. lalu klik OK.

.

Bila semua pengaturan telah selesai, silakan anda klik start untuk memulai Instalasi Ubuntu Menggunakan Virtualbox. Kemudian pilih bahasa yang anda mengerti, lalu enter. Maka anda akan dihadapkan seperti gambar dibawah ini,

.

Kemudian tekan ctrl yang sebelah kanan dan kursor atas/bawah/kanan/kiri untuk memilih menu yang disediakan.
Catatan : ctrl kanan (right ctrl) berfungsi untuk melakukan pindah posisi. misal : anda berada di ubuntu, maka untuk pindah ke posisi windows, maka anda harus menekan ctrl kanan. Pokonya dicoba dan dimengerti aja sob, saya juga bingung ngejelasin nya, pokonya intinya seperti itulah. Hehehe

Bila sudah mengerti, silakan pilih menu instal ubuntu. selanjutnya proses instal pun akan berlangsung.

.

Bila telah behasil, silakan pilih bahasa yang anda suka kemudian klik forward. (ingat penjelasan ctrl kanan saya)
Selanjutnya pilih region anda, dan ikuti langkah-langkah yang ada (Maaf, nggak saya jelaskan dengan rinci, saya yakin anda juga bisa). kemudian forward.
Bila semua langkah telah benar, maka instalasi pun akan berjalan seperti gambar berikut,

.

Silakan bikin kopi dahulu untuk menunggu proses instalsi selesai, Hehehe
Dibawah ini adalah screenshot ketika ubuntu dijalankan di windows xp saya.

.

SELESAI, SELAMAT MENCOBA.

Iklan

3 Tanggapan to “Cara Menggunakan Virtual Box”

  1. Shandy Sanjaya Juli 30, 2011 pada 5:09 pm #

    mantap,,,saya ingin belajar la nihhhh…boleh dong ilmunya…..

  2. Shandy Sanjaya Juli 30, 2011 pada 5:10 pm #

    jadi ingin belajar lebih lagi nihhhh…boleh dong ilmunya….

  3. Aldi Firman SYah Juli 30, 2011 pada 5:11 pm #

    boleh dong ilmunyua……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: