Ayo Selamatkan Bumi Dengan 60 | Earth Hour (2011)

24 Mar

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/a/a5/Earth-Hour-Logo.jpg/200px-Earth-Hour-Logo.jpg

https://i0.wp.com/www.4896kj.com/journeying/wp-content/uploads/2009/03/earthhour2009.jpg

Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008.[2][3] Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

https://i2.wp.com/opojal.com/images/medium/earth-hour-2011.jpg

Earth Hour 2007

Earth Hour diadakan tanggal 31 Maret di Sydney, Australia pukul 19:30 waktu setempat.

 

Pemandangan Sydney ketika Earth Hour 2008

Pengukuran pengurangan pemakaian listrik

Menurut jumlah yang diberikan EnergyAustralia, sebuah lembaga lokal, konsumsi listrik saluran utama untuk kegiatan tahun 2007 di Sydney lebih rendah 2% selama Earth Hour daripada yang diperkirakan pada waktu itu, kondisi cuaca dan konsumsi empat tahun terakhir terus berubah. Herald Sun menyamakannya dengan “menyingkirkan 48.613 mobil dari jalan raya selama satu jam.”[54] Pengkritik, terutama Kolumnis Andrew Bolt, mencapnya sebagai “Pemotongan yang sangat sedikit ini dipertanyakan – sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya selama setahun”.[55] Secara konteks, enam mobil sama dengan menyingkirkan enam mobil dari jalan raya pada waktu tertentu di siang atau malam hari. Menanggapi kritik ini, penyelenggara Earth Hour menegaskan bahwa “Bila pengurangan gas rumah kaca yang tercapai di CBD (distrik bisnis sentral) Sydney selama Earth Hour dipertahankan selama satu tahun, maka jumlahnya sama dengan menyingkirkan 48.616 mobil dari jalan raya selama setahun.”[56] dan mereka juga mencatat bahwa tujuan utama Earth Hour adalah memunculkan kesadaran terhadap masalah perubahan iklim dan “mengkspresikan bahwa aksi setiap orang dalam skala besar dapat membantu mengubah planet kita menjadi lebih baik.”[56] dan bukan mengenai pengurangan energi spesifik yang dibuat selama jam itu yang dibutuhkan.

http://duniamatahari.files.wordpress.com/2010/03/earthhour09-ed01.jpg

Angka 10.2%!–What figure? This is the first I’ve heard of it.–> sendiri ditantang oleh David Solomon, seorang mahasiswa keuangan di Universitas Chicago. Tanpa merujuk sumber data atau metode analitis yang ia klaim ia gunakan, Solomon mengatakan ia menggunakan data penggunaan listrik selama delapan tahun untuk menyimpulkan bahwa penurunan yang terinspirasi dari Earth Hour adalah 6.33%, dan itupun setelah faktor potensial lainnya ikut dimasukkan, 2.10%, “secara statistik tak terlepaskan dari nol.”[54] Di sejumlah daerah di Belahan Utara, terjadi twilight pada pukul 8 malam, menghapus beberapa keuntungan dari acara ini.[57]

Peliputan Fairfax Media

Media Watch, sebuah acara televisi yang mengikuti pers, melaporkan klaim bahwa The Sydney Morning Herald dan The Age telah salah beroperasi dan bahkan memanipulasi foto acara ini.[58] Program ini memperlihatkan foto Sebelum dan Sesudah yang dipublikasikan oleh suratkabar dan menyatakan bahwa foto ini mungkin ya atau mungkin tidak dimanipulasi melalui peliputan yang dilebih-lebihkan, mengambil foto “sebelum” 2 hari sebelumnya, karena banyak perkantoran memadamkan lampu mereka selama malam itu, menghapus keakuratan perbandingan foto sebelum dan sesudah di malam yang sama.

The Australian, sebuah suratkabar saingan, mengatakan bahwa jurnalis suratkabar Age di Melbourne mengklaim bahwa mereka telah ditekan untuk tidak menulis cerita negatif mengenai Earth Hour karena perjanjian sponsor perusahaan. Tanggal 10 April, sebuah pernyataan dari jurnalis mengklaim bahwa “Reporter ditekan untuk tidak menulis cerita dan topik negatif setelah jadwal yang dicantumkan oleh penyelenggara Earth Hour”

Earth Hour 2008

Earth Hour 2008 diadakan secara internasional pada 29 Maret 2008 mulai pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat, menandai perayaan pertama acara ini. Dengan 35 negara di seluruh dunia berpartisipasi sebagai kota peserta resmi dan lebih dari 400 kota juga mendukung, Earth Hour 2008 diselenggarakan di 7 benua.

Markah tanah terkenal di seluruh dunia memadamkan lampu mereka untuk Earth Hour, termasuk Sydney Opera House (Sydney, Australia), Empire State Building (New York City, AS), Sears Tower (sekarang Willis Tower, Chicago, AS), Golden Gate Bridge (San Francisco, AS), Bank of America Plaza (Atlanta, AS), Space Needle (Seattle, USA), Pegunungan Table (Cape Town, Afrika Selatan), Colosseum (Roma, Italia), Royal Castle (Stockholm, Swedia), London City Hall (Britania Raya), CN Tower (Toronto, Kanada), SM Mall of Asia, SM Science Discovery Center (Manila, Filipina), Suva (Fiji), Nidaros Cathedral (Trondheim, Norwegia), Royal Liver Building (Liverpool, Britania Raya), Menara Kembar Petronas (Kuala Lumpur, Malaysia), KL Tower (Kuala Lumpur, Malaysia), Kuil Buddha Wat Arun (Bangkok, Thailand) dan Azrieli Center (Tel Aviv, Israel).

https://i1.wp.com/kabarindo.com/photo/earth-hour-blip.jpg

Situs web resmi untuk acara ini, earthhour.org, menerima sekitar 6.7 juta pengunjung dalam minggu-minggu menjelang Earth Hour. Situs web lain juga ambil bagian dalam acara ini, dengan halaman utama Google menjadi “gelap” pada hari ketika Earth Hour dilaksanakan.
Menurut survei daring Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi dalam Earth Hour 2008. Survei ini juga memperlihatkan peningkatan 4 persen dalam kesadaran terhadap masalah lingkungan seperti perubahan iklim, langsung setelah acara ini.

Penjadwalan

 

Sydney Harbour Bridge dan Opera House digelapkan selama Earth Hour 2007.

Sebelum 2008, San Francisco telah menjalankan program “Lights Out” bulan Oktober.[27] Untuk tahun 2008, waktunya dipindahkan ke 29 Maret agar dapat bersamaan dengan Earth Hour Australia. Ini juga terjadi supaya 2008 menjadi tahun ketika Earth Hour menjadi kegiatan internasional dan San Francisco diminta sebagai kota mitra Earth Hour. Daripada memiliki acara saingan, San Francisco memutuskan mendukung Earth Hour dan semua kegiatan Lights Out sekarang menjadi bagian dari kegiatan internasional Earth Hour. Sejak Earth Hour tahun 2008 diselenggarakan hari Sabtu, banyak sekolah menengah atas di Wilayah Toronto Raya berpartisipasi dengan memadamkan setengah lampu di ruang kelas selama jam terakhir sekolah hari Jumat, 28 Maret 2008. Meskipun slogan Earth Hour 2008 secara resmi adalah, “See the difference you can make,” iklan radio resmi berakhir dengan, “Dark city, bright idea.”

 

Azrieli Center di Tel Aviv dipadamkan pada Earth Hour 2010.

Tel Aviv menjadwalkan Earth Hour mereka pada Kamis 27 Maret 2008 untuk menghindari benturan dengan Sabbath.[28] Dublin memindahkan Earth Hour mereka ke antara pukul 9 dan 10 malam, karena lokasi geografisnya di utara.[29]

Energi yang dihemat

 

Colosseum digelapkan untuk Earth Hour 2008
 

Auditorio de Tenerife digelapkan untuk Earth Hour

Menurut WWF Thailand, Bangkok mengurangi penggunaan listrik sebesar 73.34 megawatt, yang berarti satu jam sama dengan 41.6 ton karbon dioksida.[30] Bangkok Post memberikan jumlah 165 megawatt-jam dan 102 ton karbon dioksida. Ini sangat kurang dibanding kampanye yang dicanangkan Balai Kota Bangkok satu tahun sebelumnya di bulan Mei yang mengatakan 530 megawatt-jam dihemat dan 143 ton emisi karbon dioksida dipotong.[31]

Di Filipina, tercatat oleh Philippine Electricity Market Corp. bahwa konsumsi tenaga jatuh hingga sekitar 78.63 megawatt di Metro Manila, dan 102.2 megawatt di Pulau Luzon.[32] Permintaan maksimum turun hingga 39 MW terjadi pada pukul 20.14 di Metro Manila dan 116 MW pada 8.34 di Pulau Luzon.[33].

Toronto menghemat 900 megawatt-jam listrik. 8.7% dihemat bila diukur dengan malam Sabtu biasa pada bulan Maret.[34]

Irlandia, secara keseluruhan memiliki pengurangan penggunaan listrik sebesar 1.5% pada malam itu.[35] Dalam periode tiga jam antara 18:30 dan 21:30, terdapat pengurangan 50 megawatt, menghemat 150 megawatt-jam, atau sekitar 6 ton karbon dioksida. Ini menghemat kurang dari jumlah keluaran karbon satu orang Irlandia selama satu tahun penuh.[36]

 

Golden Gate Bridge dan taman terbuka umum Marin Headlands di belakang, sebelum (inset) dan dan selama Earth Hour 2008

Di Dubai, sementara lampu luar di beberapa markah tanah besar dipadamkan dan lampu jalan di beberapa wilayah diredupkan hingga 50%, Electricity and Water Authority melaporkan penghematan 100 megawatt-jam listrik. Ini merupakan pengurangan 2.4% penggunaan listrik dibandingkan jam ini dimulai.[37]

Sky Tower di Auckland, Selandia Baru, menghentikan mandi cahayanya selama Earth Hour dan melanjutkannya kembali setelah itu.

Hasil terbaik berasal dari kota Christchurch, Selandia Baru. Kota ini melaporkan pengurangan 13% penggunaan listrik. Tetapi Transpower melaporkan bahwa konsumsi tenaga Selandia Baru selama Earth Hour adalah 335 megawatt, lebih tinggi dari rata-rata 328 megawatt dua Sabtu sebelumnya.[38] Melbourne, Australia menghemat 10.1% penggunaan listriknya. Sydney, kota yang berpartisipasi dalam Earth Hour 2007 dan 2008, menghemat 8.4% konsumsi listrik. Walaupun lebih rendah daripada 10.2% di tahun 2007, direktur eksekutif Earth Hour Andy Ridley mengklaim bahwa setelah mempertimbangkan ruang kesalahan, partisipasi kota ini sama seperti tahun sebelumnya.[39].

Hasil terburuk berasal dari Calgary, Kanada. Konsumsi tenaga kota naik 3.6% selama penggunaan listrik mencapai puncaknya di jam itu. [40] Di Calgary, cuaca memainkan peran besar dalam konsumsi tenaga, kota ini mengalami cuaca 12 °C lebih dingin dari temperatur Sabtu sebelumnya.[41]

Perayaan di seluruh dunia

Tiga foto ini memperlihatkan markah tanah Malaysia, Menara Kembar Petronas di pusat kota Kuala Lumpur, Malaysia memadamkan lampunya (dari atas ke bawah) untuk merayakan Earth Hour tanggal 28 Maret 2009.
  • Istana kerajaan Denmark, Istana Amalienborg dan Istana Gråsten, digelapkan atas perintah Ratu.[42]
  • Nelly Furtado mengadakan konser gratis di Nathan Philips Square di Downtown Toronto untuk merayakan Earth Hour.[43]
  • Di Toronto, Ontario, Environmental Outreach Team dari mahasiswa Universitas York menjalankan sesi informasi Earth Hour pada sore hari, dan Observatorium Universitas York memberikan sesi observasi umum tambahan.[44]
  • Aktivitas melihat bintang diadakan di Ontario Science Centre di Toronto dan David Dunlap Observatory di Richmond Hill’s David Dunlap Observatory.[45][46]
  • Astronomy Ireland menggunakan teleskop bertenaga tinggi di Phoenix Park Dublin untuk membolehkan orang-orang melihat langit malam, yang biasanya ramai dengan cahaya kota.[36]
  • Di Tel Aviv, Israel, sebuah konser gratis oleh Knesiyat Hasekhel diadakan di Rabin Square. Tenaga yang dibutuhkan untuk konser ini berasal dari sekumpulan pesepeda yang menggerakan generator pedal. Keseluruhkan tenaga disuplai oleh pembakaran generator yang menggunakan minyak falafel untuk tenaga.[47]
  • Di Atlanta, CEO WWF AS, Carter Roberts dan Walikota Atlanta, Shirley Franklin secara simbolis menekan saklar raksasa dalam siaran langsung di televisi yang memulai gelombang pemadaman lampu di bangunan-bangunan di kota itu.
  • Di San Francisco, sebuah acara publik yang diadakan EEF AS dihadiri oleh Walikota Gavin Newsom, pemain skateboard sekaligus peraih medali emas Brian Boitano, drummer Grateful Dead Mickey Hart dan selebriti lainnya. Mereka berkumpul untuk menyaksikan lampu dipadamkan dan mendengar musik Jason Damato.[rujukan?]
  • Di Kuala Lumpur, Malaysia, lampu menara kembar tertinggi di dunia, Menara Kembar Petronas dipadamkan.[48]
  • Di Mesir, lampu dipadamkan di Sphinx dan Piramida Besar Giza pada pukul 20:30-21:30.[49]

Google

 

Cuplikan web halaman utama Google Canada yang ‘digelapkan’ pada 29 Maret 2008.

Earth Hour juga menerima publisitas gratis dari Google. Mulai 12:00 siang tanggal 29 Maret 2008 hingga akhir Earth Hour, halaman utama Google di Amerika Serikat, Kolombia, Kanada, Denmark, Irlandia dan Britania Raya menggunakan latar belakang hitam. Slogan mereka adalah, “We’ve turned the lights out. Now it’s your turn – Earth Hour.” [50] Sebuah kesalahpahaman populer bahwa latar belakang hitam dalam situs web mengurangi konsumsi tenaga pada monitor; monitor LCD menggunakan jumlah tenaga yang tetap tanpa melihat apa warna halaman webnya. Lain halnya dengan monitor LED Organik[51], meskipun tidak terlalu banyak digunakan.

Saluran TV

  • Earth Hour diliput secara luas di Amerika Serikat dengan segmen di Oprah, NBC Nightly News, CBS Evening News, The Today Show, Good Morning America, CNN, CNN International, The Weather Channel dan lainnya. Beberapa stasiun TV di Amerika Serikat melakukan liputan langsung termasuk NBC di Atlanta yang menyiarkan Earth Hour selama satu jam selama acara itu.
  • The Weather NetworkKanada memindahkan studionya ke luar bangunan antara pukul 20.00 dan 21.00 EDT untuk Earth Hour, hanya menggunakan lampu LED selama jam itu.[52]
  • The Agenda dengan Steve Paikin di TVOntario menjalankan programnya secara penuh hanya menggunakan cahaya lilin. [53]

Earth Hour 2009

 

Untuk meningkatkan kesadaran untuk Earth Hour 2009 selama satu minggu sebelumnya, Arla Foods mewarnai karton susu mereka menjadi hitam-kelabu dari yang biasanya putih-hijau.
Search Wikinews Wikinews bahasa Inggris memberitakan: Businesses and individuals worldwide to turn lights off as part of Earth Hour 2009

Earth Hour 2009 diadakan mulai pukul 20:30 hingga 21:30 waktu lokal, 28 Maret 2009. 88 negara dan 4.088 kota berpartisipasi dalam Earth Hour 2009, sepuluh kali lebih banyak daripada Earth Hour 2008 (400 kota).[12] Satu milyar “suara” adalah tujuan Earth Hour 2009,[13] dalam rangka menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB 2009.

Di antara para peserta tahun 2009 adalah, untuk pertama kalinya, Markas Besar PBB di New York City.[14] PBB memperkirakan bahwa partisipasinya akan menghemat energi listrik senilai $102. [15]

Laporan memperlihatkan bahwa Amerika Serikat menempati peringkat teratas partisipasi Earth Hour dengan 80.000.000 orang, 318 kota dan 8 negara bagian berpartisipasi. Filipina berpartisipasi dengan 647 kota dan desa atau lebih dari 15 juta penduduk Filipino diperkirakan bergabung dalam pemadaman lampu satu jam pada 20:30 – 21:30 waktu lokal. Diikuti oleh Yunani dengan 484 kota dan desa, dan Australia dengan 309 kota. [16] [17]

Salah satu provinsi Kanada, Ontario, tak termasuk kota Toronto, memperlihatkan penurunan permintaan listrik sebesar 6% sementara Toronto mengalami penurunan 15.1% (hampir berlipat dari 8.7% di tahun sebelumnya) setelah banyak perkantoran digelapkan, termasuk CN Tower.[18]

Operator listrik Swedia Svenska Kraftnät mencatat penurunan konsumsi listrik 2.1% dari jumlah yang diperkirakannya antara pukul 20:00 dan 21:00. Di jam berikutnya, jumlah ini mencapai 5%.[19] Ini menyamai konsumsi sekitar setengah juta rumah dari total 4.5 juta rumah di Swedia.[20]

Menurut Perusahaan Listrik Vietnam, permintaan listrik Vietnam turun hingga 140.000 kWh selama Earth Hour.

Filipina mampu menghemat 611 MWh listrik selama masa satu jam tersebut, dan dikatakan sama dengan mengistirahatkan selusin pembangkit listrik tenaga batubara selama satu jam. [17]

Partisipasi

Negara

96 negara di 6 benua berpartisipasi dalam kegiatan ini pada 2009.

Saluran TV yang berpartisipasi

  • National Geographic Channel Asia menunda siaran pada 28 Maret 2009 pukul 20.30 hingga 21.30.
  • Saluran berita kabel ABS-CBN Broadcasting Corporation Filipina, ANC berhenti siaran selama Earth Hour. [21]
  • 8TV Malaysia berhenti siaran selama satu jam mulai 20:30.[22]
  • Canal 5 di Meksiko berhenti siaran selama satu jam di Mexico City pada pukul 20:30.[rujukan?]
  • Cartoon Network dan Magic 105.4 FM menyiarkan Earth Hour pada pukul 20:30 selama acara ini berlangsung.
  • National Geographic Channel menunda program regulernya selama satu jam dan memperlihatkan cara mengurangi konsumsi listrik selama Earth Hour.
  • DhiTV dan Villa TV berhenti siaran selama satu jam di Maladewa mulai 20:30.
  • Radio internet Zone 105 dan X FM Naga di Naga City, Filipina berpartisipasi dalam Earth Hour 2009 dengan memadamkan seluruh peralatan mereka dan mulai berhenti pada pukul 20:30 (GMT +8).[23]
  • Radiotelevisión Española (RTVE) memadamkan lampu di ruang berita mereka pada 28 Maret 2009 pukul 20.30 sampai 21.30.

Earth Hour 2010

Earth Hour 2010 diadakan pada pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat tanggal 27 Maret.[4] Di Israel, Earth Hour diadakan pada 22 April.[5]

Earth Hour 2010 disebut-sebut sebagai Earth Hour terbesar yang bertujuan mendapatkan lebih banyak peserta dibanding satu milyar orang pada Earth Hour 2009.[6]

126 negara berpartisipasi dalam Earth Hour 2010.[7]

Di Amerika Serikat, survei menunjukkan bahwa sekitar 90.000.000 warga Amerika Serikat berpartisipasi dalam Earth Hour ketika lampu dipadamkan di seluruh negara ini, termasuk markah tanah seperti Mount Rushmore, Las Vegas Strip, Empire State Building dan Air Terjun Niagara.

Earth Hour akan dilakukan secara rutin, yaitu ketika kota-kota dan markah tanah menerapkan prinsip utama memadamkan lampu sebagai aktivitas harian mereka. Di Chicago, Bulding Owners and Managers Association (BOMA) membuat petunjuk penerangan untuk mengurangi polusi cahaya dan mengurangi jejak karbon di bangunan-bangunan pusat kota. Mount Rushmore di South Dakota mulai memadamkan lampu setiap malam pada pukul 21.00 dibandingkan 23.00 seperti biasanya.

Di Vietnam, permintaan listrik turun 500.000 kWh selama Earth Hour 2010, jumlah ini tiga kali lebih besar dibandingkan ketika negara ini pertama kali berpartisipasi tahun 2009.[8]

Di Filipina, 1.067 kota dan lebih dari 15 juta warga Filipina berpartisipasi pada tahun 2010.

Sekitar 4000 kota turut ambil bagian, termasuk bangunan terkenal seperti Big Ben, Empire State Building, Sydney Opera House, Menara Eiffel, Parthenon, Gerbang Brandenburg, dan Kota Terlarang.[9]

Duta selebriti Earth Hour yang ikut mempromosikan kegiatan ini adalah:

  • Uskup Besar Desmond Tutu (penerima Hadiah Nobel dari Afrika Selatan)
  • Helen Clark (mantam Perdana Menteri Selandia Baru, ketua UNDP)
  • Valdas Adamkus (mantan Presiden Lituania)
  • Nguyễn Minh Triết (Presiden Vietnam)[10]
  • Boris Johnson (Walikota London)
  • Tom Brady (pemain sepak bola NFL)
  • Gisele Bündchen (supermodel internasional)
  • Steve Nash (pemain basket NBA)
  • Leona Lewis (bintang pop internasional)
  • The Cranberries (band rock Irlandia)
  • Andox and Box (Hong Kong)
  • Melanie Chisholm (bekas anggota Spice Girls)
  • Li Yuchun (penyanyi Cina)
  • Abhishek Bachchan (aktor Bollywood India)

Earth Hour mendapat dukungan dari berbagai perusahaan seperti Coca-Cola Enterprises, Wells Fargo, IKEA, HSBC, PwC, Accenture dan Nokia Siemens Networks.

Saluran TV dan radio

  • National Geographic Channel Asia berhenti mengudara selama periode Earth Hour.
  • Saluran berita kabel Filipina, ABS-CBN Broadcasting Corporation ANC kembali berhenti mengudara selama Earth Hour.
  • Saluran FBNC berpartisipasi dalam Earth Hour Vietnam.
  • The Agenda with Steve Paikin di TVOntario kembali menyiarkan program secara penuh menggunakan cahaya lilin.

Media lingkungan inovatif

Agen periklanan Australia, Wunderman Sydney membuat pemasaran ramah lingkungan yang inovatif untuk mendukung Earth Hour, klien mereka sejak 2009. Untuk mendorong perusahaan-perusahaan agar berpartisipasi dalam Earth Hour 2010, lima ribu ‘Plant Spikes’[11] diproduksi dan disebarluaskan ke berbagai perkantoran di seluruh Australia. Daun spike ini dirancang untuk disisipkan ke tanaman pot perkantoran oleh perusahaan tanaman TPR Group yang memiliki pelayanan tanaman perkantoran di seluruh Australia.

Untuk menjamin agar daun spike ini ramah lingkungan sepenuhnya, agen periklanan ini bekerjasama dengan penerbitan STI Lilyfield untuk menemukan tinta organik yang berisi pupuk tanaman alami dari Durvillaea potatorum dan ekstrak Ascophyllum nodosum (diambil secara berkelanjutan) untuk mempromosikan pertumbuhan tanaman yang sehat dan memperbarui kekebalan terhadap serangan serangga dan jamur. Dicetak di kertas bersertifikasi FSC 100%, tinta ini juga menjadi pupuk bagi tanaman pot ketika daun spike ini secara alami terurai dalam tanah pot tersebut.

 

Struktur logam rumah kaca Kebun Botani Curitiba (Curitiba, Paraná, Brasil Selatan), dengan pemadaman lampu pada 27 Maret 2010

Earth Hour 2011

Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011.

Earth Hour 2011: Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup, itulah slogan baru yang diusung dalam Earth Hour tahun 2011 menggantikan slogan Earth Hour tahun-tahun sebelumnya yang berbunyi “Ubah Dunia Dalam Satu Jam”. Dengan slogan “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup” diharapkan Earth Hour tidak sekedar mengajak warga dunia untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam, namun juga menanamkan perilaku ramah lingkungan.

Earth Hour tahun 2011 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya sejak dicetuskan pertama kali pada tahun 2007. Dan bagi Indonesia ini merupakan keikutsertaan yang ketiga kalinya.

Bukan sekedar slogan Earth Hour saja yang berubah, Earth Hour tahun 2011 yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 26 Maret besok juga memodifikasi logo (lambang) Earth Hour dengan menambahkan “+” (tanda plus) di belakang angka 60. Logo Earth Hour 2011

Senada dengan slogan barunya “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup”, simbol ini merepresentasikan gaya hidup hijau, pesan tambahan yang diusung dalam Earth Hour 2011. Bukan sekedar mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam, namun juga menanamkan perilaku ramah lingkungan melalui gaya hidup hijau.

Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh WWF (World Wildlife  Fund) dan The Sydney Morning Herald untuk mengajak warga dunia agar mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam (60 menit). Dan dilaksanakan setiap sabtu terakhir di bulan Maret tepat pada pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Dengan ini diharapkan penduduk dunia, mulai dari individu, komunitas, pelaku bisnis, hingga pemerintah untuk bersama-sama mendukung gerakan menurunkan emisi karbondioksida yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global hingga akhirnya berdampak pada perubahan iklim.

So, Earth Hour 2011 tinggal sesaat lagi. Ingat, Sabtu tanggal 26 Maret 2011 pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat, matikan lampu dan peralatan listrik lainnya. Dan jangan berhenti di sana, tanamkan dan biasakan diri sendiri untuk bersikap hemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: