Madrid Membungkam Barcelona di Copa

21 Apr

https://i1.wp.com/stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/04/21/0442455620X310.jpg

Gelandang Cristiano Ronaldo mencetak gol yang menentukan kemenangan timnya 1-0 atas Barcelona pada final Copa del Rey di Mestalla, Rabu (20/4/2011). Ini adalah kemenangan pertama Madrid atas Barca dalam tujuh pertemuan terakhir.

Gol Ronaldo tercipta pada menit ke-103. Gol bermula dari pergerakan Angel Di Maria di sektor kanan pertahanan Barcelona yang berujung umpan silang. Dalam kawalan Adriano, Ronaldo menanduk bola masuk ke tengah atas gawang Jose Manuel Pinto.

Barcelona mendominasi permainan sejak awal. Namun, selama babak pertama, mereka kesulitan mengalirkan serangan sampai tuntas. Nyaris tanpa peluang, mereka bahkan beberapa kali terancam kebobolan.

Pada menit ke-12, Oezil mengiring bola di dalam kotak penalti Barcelona sebelum mengirim bola kepada Cristiano Ronaldo. Namun, bola berhasil disapu oleh Javier Mascherano.

Setelahnya, tak ada peluang, sampai Oezil pada menit ke-30 mengirim umpan silang ke arah Ronaldo. Namun, sebelum dijangkau Ronaldo, bola diamankan Jose Manuel Pinto.

Ronaldo akhirnya berhasil menciptakan ancaman berupa tembakan akurat pada menit ke-36. Namun, bola berhasil ditepis oleh Pinto.

Peluang terakhir di babak ini diciptakan bek Real Madrid, Pepe, pada menit ke-44. Dari tengah kotak penalti, ia menanduk umpan Oezil, yang sayangnya hanya membentur tiang gawang Pinto.

Barcelona tak mengubah permainan di babak kedua. Namun, akurasi umpan mereka lebih baik sehingga mampu menciptakan ancaman, seperti yang dilakukan Pedro pada menit ke-51, yang sayangnya hanya membuahkan tendangan gawang.

Selain itu, setiap kali kehilangan bola, Barcelona lebih cepat mundur menutup ruang. Dengan begitu, mereka mampu mematahkan serangan-serangan Madrid.

Pada menit ke-69, Lionel Messi berhasil melepas umpan kepada Pedro, yang berhasil menjejalkan bola di gawang Iker Casillas. Namun, gol dianulir karena Pedro berada dalam posisi offside ketika menyambut umpan Messi.

Madrid belum menciptakan ancaman berarti, ketika Barcelona pada menit ke-76 menebar tiga ancaman serius terhadap gawang mereka melalui Pedro, Lionel Messi, dan David Villa. Eksekusi akurat Messi dan Villa diblok, sedangkan tembakan Pedro meleset keluar lapangan.

Messi kembali melepaskan dua tembakan akurat pada menit ke-81 dan ke-84. Namun, sementara usaha pertamanya ditepis Casillas, percobaan kedua meleset keluar lapangan.

Tekanan Barcelona membuat Madrid nyaris tak berkutik. Dalam sejumlah kesempatan, Madrid memang berusaha melakukan serangan, tetapi kandas di tengah jalan.

Baru ketika pertandingan menginjak tiga menit dari akhir waktu normal, Madrid menunjukkan tanda-tanda bangkit, yang dimulai dengan sebuah pergerakan bola Adebayor yang berujung umpan kepada Ronaldo di kotak penalti. Namun, sebelum mengeksekusi bola, Ronaldo melihat bola dibuang oleh Alves.

Tak ada sepak pojok karena wasit menilai Ronaldo berada dalam posisi offside ketika menerima umpan Adebayor.

Semenit menjelang akhir babak normal, Angel Di Maria melepaskan tendangan akurat yang sayangnya masih bisa ditepis Pinto.

Peluang pertama pada babak tambahan didapatkan Real Madrid melalui Ronaldo pada menit ke-98. Dari sisi kiri luar kotak penalti, ia menembakkan bola yang meleset ke sisi kanan gawang Pinto.

Lima menit setelahnya, Ronaldo kembali mendapatkan peluang dan berhasil mengubahnya menjadi gol.

Keadaan tertinggal memaksa Barcelona menambah daya serangnya pada babak tambahan kedua. Di sisi lain, Madrid bermain lebih defensif sehingga Barcelona hanya melihat usaha mereka patah di tengah jalan.

Pada menit ke-118, Barcelona bahkan nyaris kebobolan oleh Emmanuel Adebayor dan Ronaldo. Setelah eksekusi Adebayor diblok Pinto, bola bergulir ke Ronaldo yang kemudian menembakkannya lagi. Namun, bola mengenai pemain lawan dan melesat keluar lapangan.

Memasuki menit-menit terakhir, Madrid kehilangan Angel Di Maria karena menerima kartu kuning kedua, menyusul pelanggarannya kepada Messi. Untung bagi Madrid, Barcelona gagal memanfaatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Peluit pun berbunyi panjang dengan skor 1-0 tertera di papan skor.

Susunan pemain
Madrid:
Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Pepe, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Marcelo; Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil (Emmanuel Adebayor 70), Sami Khedira (Esteban Granero Molina 104), Angel Di Maria

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Gerard Pique, Adriano (Maxwell 118); Xavi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets (Seydou Keita 108); David Villa (Ibrahim Afellay 106), Lionel Messi, Pedro

Wasit: Alberto Undiano Mallenco

https://i1.wp.com/stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/04/21/0442455620X310.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: