HEELLO Jejaring Sosial Baru Saingan Twitter

13 Agu

foto

Pendiri twitpic, Noah Everret meluncurkan jejaring mirip Twitter. Pria 27 tahun ini menyebut jejaring sosial miliknya Heello. Jejaring ini disambut luar biasa oleh para pengguna Twitter di Indonesia dan menjadi topik terpopuler.

Heello dan Twitter sangat mirip. Pengguna Heello bisa menemukan sejumlah kesamaan dengan twitter seperti dalam hal penulisan status yang maksimal hanya 140 karakter, menggunakan simbol “@” untuk nama dan jenis teman yang disebut listening dan listener.

Peluncuran Heello hanya sehari setelah twitter meluncurkan layanan berbagi foto. Layanan berbagi foto ini tentunya akan berkompetisi dengan pihak ketiga penyedia layanan foto berbasis twitter’s API seperti twitpic yang dimiliki Noah.

“Kami membuat perusahaan heello sejak setahun lalu, dan sekarang kami meluncurkan layanannya,” ping Noah kepada pendengar hellonya kemarin. Ping seperti halnya tweet dan pendengar serupa dengan pengikut (follower) dalam twitter.

Modifikasi hello nantinya akan terintegrasi dengan video sekaligus teks. Adapula fitur channel yang menggabungkan jenis-jenis pendengar seperti circle dalam google+. Noah, sebenarnya tidak berminat untuk melawan twitter, mungkin dia hanya ingin merayakan ulang tahunnya ke-27.

Everett Nuh penemu dari Twitpic agaknya balas dendam dengan meluncurkan jejaring informasi Heello, setelah Twitter meluncurkan layanan berbagi foto yang menjadi saingan Twitpic. Heello sangat mirip dengan Twitter, mulai dari pengguna dapat mengirimkan “Pings” yang sama dengan “Tweet” kepada follower mereka, “Echo” sama dengan “Retweet” yaitu mengulangi atau repost dari posting pengguna, “Listen” sama dengan “Follow” untuk mengikuti update dari teman teman.

Heello juga terintegrasi dengan Facebook dan Twitter, dengan layanan real time yang saat ini terdapat beberapa laporan palsu dari akun yang mengaku sebagai CNN, Tumblr, dan Mark Zuckerberg.

Pembuatan Heello ini nampaknya lebih dari sekedar aksi publisitas dari bisnis yang nyata. Everett mengatakan Heello akan segera mendukung layanan video, check in lokasi, integrasi SMS, saluran, dan versi mobile sama seperti Twitter. Jika Evereett hanya ingin mendapat perhatian dengan membuat Heello maka misinya tercapai, namun jika benar benar ingin bersaing dengan Twitter nampaknya hal ini akan sulit dengan Twitter yang lebih dulu mencapai 200 juta pengguna tanpa adanya fitur fitur inovatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: